Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini dia manfaat buah gosseberry

Gooseberry adalah buah kecil bergizi yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Varietas Eropa dan Amerika - Ribes uva-crispa dan Ribes hirtellum, masing-masing - adalah jenis yang paling umum. Keduanya terkait erat dengan kismis hitam, merah, dan putih.

Buah semak gooseberry berukuran kecil, masing-masing beratnya sekitar 0,1–0,2 ons (3-6 gram). Warnanya bervariasi dan bisa hijau, kuning-putih, merah muda, merah, atau ungu tua. Rasanya mulai dari asam hingga manis.

Berikut  alasan mengapa gooseberry merupakan tambahan yang bagus untuk diet sehat.

1. Bergizi tinggi

Vitamin C adalah antioksidan kuat dan penting untuk sistem saraf, sistem kekebalan, dan kulit Anda. Vitamin B5 diperlukan untuk membuat asam lemak, sedangkan vitamin B6, yang dibutuhkan oleh banyak enzim dan sel dalam tubuh Anda untuk berfungsi, membantu mengubah makanan menjadi energi.

Selain itu kandungan tembaga penting untuk jantung, pembuluh darah, sistem kekebalan, dan otak Anda. Sedangkan mangan mendukung metabolisme, pembentukan tulang, reproduksi, dan respon imun, sedangkan potasium sangat penting untuk fungsi sel normal (8Trusted Source, 9Trusted Source, 10Trusted Source).

Gooseberry rendah kalori dan lemak tetapi kaya serat makanan, tembaga, mangan, kalium, dan vitamin C, B5, dan B6.

2. Tinggi serat dan rendah kalori

Gooseberry tinggi serat namun rendah energi, yang berarti Anda bisa makan dengan porsi yang layak tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Faktanya, makan 1 cangkir (150 gram) gooseberry menyumbang lebih dari 3% dari total kebutuhan kalori harian rata-rata orang, menjadikannya camilan bergizi dan rendah kalori.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa makan buah beri dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu Anda makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Misalnya, satu penelitian kecil menemukan bahwa mereka yang makan buah beri sebagai camilan mengonsumsi 130 kalori lebih sedikit pada makanan berikutnya, dibandingkan dengan mereka yang makan jumlah kalori yang sama dari makanan manis.

Selain itu, gooseberry adalah sumber serat makanan yang larut dan tidak larut.

Satu cangkir (150 gram) gooseberry menyediakan 26% DV serat, menjadikannya cara yang bagus untuk meningkatkan asupan Anda

Serat tidak larut membantu menambah kotoran Anda dan meningkatkan konsistensi, sedangkan serat larut membantu memperlambat pergerakan makanan di usus Anda, yang dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang.

Selain itu, serat makanan dari buah dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi tekanan darah, kolesterol, dan risiko kondisi kronis, termasuk kanker tertentu, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan obesitas.

Gooseberry rendah kalori dan tinggi serat, yang membantu melindungi dari obesitas, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

3. Kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melawan efek radikal bebas. Ini adalah molekul reaktif yang menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan proses yang dikenal sebagai stres oksidatif. Stres oksidatif dikaitkan dengan banyak penyakit dan penuaan dini.

Diet kaya antioksidan dianggap mengurangi risiko jenis kanker tertentu, penyakit jantung, diabetes tipe 2, penuaan, dan melindungi otak Anda dari penyakit degeneratif.

Gooseberry adalah sumber antioksidan yang sangat baik, termasuk vitamin C, sejumlah kecil vitamin E, dan fitonutrien.

Tanaman menghasilkan fitonutrien untuk menjaga kesehatan dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan serangga.

Beberapa fitonutrien dalam gooseberry termasuk Flavonol. Ini terkait dengan kesehatan jantung dan mungkin memiliki efek pengurangan stroke, pelawan kanker, dan antivirus. Jenis utama gooseberry adalah quercetin, myricetin, kaempferol, dan isorhamnetin

Antosianin. Senyawa ini adalah pigmen berwarna dalam buah, dan terkait dengan kesehatan mata dan saluran kemih, peningkatan daya ingat, penuaan yang sehat, dan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

Asam aromatik. Dalam gooseberry, ini termasuk caffeic, chlorogenic, coumaric, hydroxybenzoic, dan ellagic acid. Asam organik. Mereka bertanggung jawab atas rasa asam buah dan dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit Alzheimer 
Gooseberry kaya antioksidan, seperti fitonutrien, dan vitamin E dan C, yang dapat membantu melindungi otak dan melawan penuaan, diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit jantung.

4. Dapat membantu mengontrol gula darah

Kadar gula darah tinggi terkait dengan diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, demensia, dan banyak penyakit lainnya. Gooseberry memiliki beberapa khasiat yang dapat membantu mengontrol gula darah.

Pertama, mereka kaya serat, yang memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah Anda, mencegah lonjakan kadar gula darah.

Penelitian tabung reaksi mengungkapkan bahwa ekstrak gooseberry adalah penghambat alfa-glukosidase. Ini berarti ia mengikat enzim khusus di usus kecil Anda, mencegahnya memindahkan gula dari usus ke aliran darah Anda (25).

Akhirnya, gooseberry mengandung asam klorogenat, yang dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dan membantu mengurangi kadar gula darah setelah makan bertepung. Namun, terlepas dari hasil yang menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek gooseberry terhadap kadar gula darah.

Gooseberry kaya serat dan asam klorogenat, yang dapat membantu memperlambat atau mencegah penyerapan gula ke dalam aliran darah Anda, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan.


Post a Comment for "Ini dia manfaat buah gosseberry"