Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sikuning membawa manfaat baik

Siapa yang tidak mengenal tanaman ini? Yap kunyit, kunyit indentik dengan warna umbinya yang berwarna kuning orange, yang mudah ditemui dengan mudah ditempat penjual sayur, kunyit termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat, yang berasal dari wilayah Asia Tenggara kemudian mengalami penyebaran kedaerah Malaysia, Indonesia, Australia  bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.


Umbi kunyit yang berumur lebih dari satu tahun dapat dipakai sebagai obat untuk mendinginkan badan, membersihkan pencernaan, mempengaruhi kinerja bagian perut Khususnya pada lambung, melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah, selain dari itu juga digunakan sebagai bahan dalam masakan.

Kandungan kimia yang terdapat pada kunyit yaitu meliputi kurkumin dan minyak atsiri yang berguna untuk pengobatan hepatitis, gangguan pencernaan, anti mikroba, inflamasi, mencegah kolesterol, mencegah penularan HIV, menghambat pertumbuhan tumor dan kanker, anti rheumatoid arthritis (rematik), mengeluarkan toxin, mencegah diabetes melitus, tifus, usus buntu, disentri, serta keluhan keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat haid, memperlancar asi dan mencegah amandel.

Tidak menyangka bukan bahwa kunyit dapat mengatasi banyak masalah penyakit, maka dari itu cobalah untuk sesekali meminum jamu yang terbuat dari kunyit, tidak perlu rutin cukup dua hari sekali atau seminggu tiga kali dan rasakan perbedaanya.