Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa sudah gosok gigi tapi masih bau mulut

Senang rasanya jika bisa bercengkrama dan bercanda bersama teman atau saudara, namun bagaimana jika nafas kurang sedap menggangu suasana, pasti sangat tidak mengenakan bukan. Bahkan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang untuk berbicara di depan semua orang akibat nafas kurang sedap.

Mulut merupakan bagian tubuh yang sangat mudah sekali untuk tempatnya bakteri bersembunyi dan berkembang, bakteri yang masuk biasanya terbawa dari makanan yang di konsumsi kemudian menyelip di sela-sela gigi.
Nah sisa makanan yang menyangkut apa lagi terdapat bagian gigi yang berlubang akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau mulut, terlebih lagi jarang membersihkan area mulut sehingga mengeluarkan bau yang kurang sedap.

Beberapa bau mulut dapat di sebabkan daei beberapa hal diantaranya:

1. Makanan dan minuman yang mempunyai bau menyengat. Beberapa makan dan minuman mempunyai bau yang khas dan terkadang bau tersebut melekat pada area mulut dan membuatnya tidak sedap. Beberapa makanan dan minuman seperti jengkol, petai, buah mengkudu, rokok dan alkohol dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut.

2. Kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi. Anjuran untuk membersihkan gigi yaitu dua kali sehari, pagi saat bangun tidur dan malam saat akan tidur. Mengapa? Saat malam hari bakteri dan kuman cendrung lebih aktif untuk berkembang karena adanya air liur yang menumpuk.

3. Bakteri yang menyebabkan pembusukan makanan yang masih tertinggal. Makanan yang kita makan dapat menyakut di sela-sela gigi yang mana dapat menjadi sumber makanan dan tempat petumbuhanya bakteri dan kuman. Itulah pentingnya menjaga kebersihan mulut dan gigi jika perlu mengunakan cairan pembersih mulut agar lebih optimal.

4. Gigi yang belubang, gigi berlubang menyebabkan pembusukan sehingga mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Jika terdapat adanya gigi berlubang maupun gejala pembusukan gigi, segera konsultasikan ke dokter gigi. Karena apa? karena gigi yang berlubang menyimpan bakteri sehingga dapat menyebar dan menjangkiti ke area gigi yang sehat lainya.

5. Karang gigi atau plak pada gigi. Karang gigi merupakan lapisan tipis, licin dan keras, biasa terletak pada area yang sulit di jangkau saat mengosok gigi. Karang gigi tercipta karena adanya sisa makanan yang tertinggal dan tidak tuntas dalam membersihkan mulut, sisa makanan tersebut bercampur dengan air liur memudian mengeras dan menempel pada permukaan gigi. Karang gigi tentu akan mengeluarkan bau tidak sedap dan dapat menyebabkan iritasi pada area gusi kamu. Maka dari itu menjaga kebersihan mulut dan gigi sangat penting, selalu mengosok gigi pagi saat bangun dan malam mau tidur, gunakan cairan pembersih dan penyegar mulut dengan berbagai aroma yang segar.

Selain itu beberapa bau mulut yang diakibatkan oleh makanan atau minuman berakohol dapat di hilangkan dengan mencoba serbuk kopi, bekumur dengan air garam, daun sirih, mengunyah permen karet dan perbanyak minum air putih.


Post a Comment for "Kenapa sudah gosok gigi tapi masih bau mulut"