Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa manfaat dari buah matoa

 


Pometia pinnata atau biasa di sebut dengan Matoa, merupakan tumbuhan asli wilayah bagian Indonesia timur yaitu Papua. Pohon matoa tergolong besar dan dapat tumbuh tinggi antara 15-20 meter dengan lebar batang pohon mencapai 1 meter.
Pohon matoa umumnya hanya berbuah sekali dalam setahun (musiman), berbunga pada bulan Juli sampai Oktober dan berbuah tiga atau empat bulan kemudian. Penyebaran buah matoa hampir terdapat di seluruh wilayah indonesia khususnya dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 mdpl.

Pohon matoa menghasilkan buah yang banyak dengan ukuran 2-3 cm berbentuk bundar sedikit oval, sekilas hampir sama dengan buah klengkeng yang bergerombol pada tangkai buahnya. Buah matoa kulitnya berwarna hijau saat mentah dan berwarna kuning kecoklatan saat mulai matang. Buahnya di lapisi kulit yang cukup tebal, memiliki daging buah yang berwarna putih seperti rambutan dan biji yang berwarna hitam.

Terdapat dua jenis Matoa yang di ketahui yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda.

Matoa Kelapa
  • Tekstur buah lebih kenyal seperti buah rambutan
  • Buahnya tidak lengket
  • Memiliki warna hijau terang

Matoa Papeda
  • Tekstur buah lebih lembek dan lengket
  • Memiliki warna hijau gelap atau kemerahan


Rasa dari buah matoa manis dan segar, sebagian orang mengatakan bahwa buah matoa memiliki campuran rasa durian, klengkeng dan rambutan.

Manfaat pohon dan buah Matoa :

Bagian batangnya pohon yang besar dapat di jadikan bahan material bangunan dan prabotan rumah karena memiliki daya tahan yang cukup kuat.
Sedangkan untuk buah perlu diketahui bahwa buah matoa jika di konsumsi teratur dan tidak berlebihan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Dalam buah matoa mengandung Vitamin A, B, C, E, Flavonoid, Saponin, Alkaloid, Kalori serta beberapa mineral penting lainya.

Beberapa manfaat dari buah matoa untuk kesehatan antara lain :

1. Menigkatkan energi

Kandungan gula di dalam buah matoa cukup tinggi yang mana merupakan gula alami sehingga baik untuk stamina dan mencukupi kebutuhan energi harian.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dalam buah matoa segar terdapat kandungan Antioksidan, vitamin C dan vitamin D yang mana baik dalam menangkal radikal bebas dan meregenerasi sel. Sehingga tubuh memiliki daya tahan yabg cukup terhadap sebuah penyakit yang akan menyerang.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan Vitamin C dan E dalam matoa mampu memperbaiki sel kulit yang rusak akibat terpapar sinar matahari (UV) dan polusi. Yang mana dampaknya kulit menjadi lebih sehat, cerah dan bersih dari dalam.

4. Menangkal pertumbuhan virus dan bakteri

Sebuah penelitian yang telah dilakukan tepatnya pada tahun 2016 telah membuktikan bahwa buah matoa mampu menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutan & Streptococcus sobrinus, dan Escherichia coli.

5. Sehat untuk pencernaan

Matoa memiliki daging buah yang tebal dan mengandung serat tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan dan menyehatkan usus.

6. Mencegah beberapa penyakit kronis

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah matoa mampu mencegah beberapa penyakit seperti ganguan jantung, kanker serta beberapa penyakit akibat radikal bebas.

7. Meringankan stress

Manfaat buah matoa lainnya yaitu, ternyata buah ini memiliki kandungan zat anti depresan. Oleh karena itu mengonsumsi buah matoa secara rutin mampu memberikan efek ketenangan saraf dan mencegah terjadinya rasa lelah yang berlebihan dan terhindar dari masalah insomnia.


Klasifikasi Tanaman :

Nama
Matoa
Nama Latin
Pometia Pinnata
Kelas
Magnoliopsida
Ordo
Sapindales
Family

Genus
Pometia