Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa kandungan nutrisi ciplukan


Ciplukan, cecendet atau kopok-kopokan begitulah penyebutanya di beberapa daerah di Indonesia. Ciplukan merupakan jenis tumbuhan yang di manfaatkan bagian buahnya untuk di konsumsi, namun ada juga beberapa yang memanfaatkan daunya sebagai pengobatan.


Umunya tanaman ciplukan tubuh liar dengan sendirinya. Biasa tumbuh pada semak blukar, hutan, perkarangan rumah, sawah dan tempat-tempat yang terbuka dengan tingkat sinar matahari yang full karena kehidupan tanaman ciplukan sangat memerlukan cahaya matahari.

Morfologi

Buah dari tanaman ciplukan sangat unik di mana buahnya di tutupi bagian kelopak bunga tipisnya akan terus mengembang seiring buah yang membesar. Buah matangnya di tandai dengan kelopak luarnya yang berwarna kekuningan dengan ukuran buah dalam sekitar 0.5-1 cm. Biasanya buah ciplukan akan menjadi rebutan anak-anak jika saat matang karena memiliki rasa yang manis dan sedikit asam.

Tinggi batang tanaman bervariasi tergantung dari jenisnya, untuk ciplukan liar dapat mencapai 1 meter. Sedangkan untuk dari jenis Golden berry (ciplukan super) tinggi pohon dapat mencapai sekitar 2,5 meter. Berbatang hijau dengan kandungan air yang tinggi.

Tahukah kamu bahwa buah ciplukan termasuk dalam jenis super fruit dimana di dalamya mengandung nutrisi sekaligus vitamin yang baik bagi kesehatan. Ciplukan di luar negri biasa di sebut dengan Golden Berry, yaitu jenis tanaman ciplukan yang berkualitas super dengan ukuran buah yang lebih besar serta kandungan nutrisi yang lebih baik ketimbang ciplukan liar.

Beberapa kandungan nutrisi ciplukan liar diantaranya :

1. Gula alami.
2. Karbohidrat.
3. Serat.
4. Protein.
5. Lemak.
6. Vitamin C.
7. Riboflavin.
8. Niasin.
9. Vitamin A.
10. Zat besi.
11. Fosfor.
12. Alkaloid.
13. Asam malat.
14.Tanin.
15. Kroptoxantin.
16. Antioksidan.
17. Dan beberapa mineral penting lainya.

Manfaat

Buah ciplukan kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik bagi kesehatan sekaligus mampu mencegah beberapa penyakit berbahaya yang akan menyerang. Beberapa manfaat yang akan di dapat di antaranya :

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat.
2. Sumber antioksidan alami.
3. Mencegah penyakit kaker dan menekan pertumbuhanya.
4. Anti inflamasi dan mengatasi peradangan.
5. Meningkatkan daya tahan tubuh.
6. Baik untuk kesehatan kulit dan membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.
7. Sumber vitamin C yang tinggi.
8. Sumber gula alami mencegah diabetes.
9. Mengatasi masalah saluran kencing, ginjal dan kemih.
10. Baik untuk pencernaan.
11. Mencegah seseorang terkena Tuberkulosis.
12. Baik untuk kesehatan mata.
13. Dan juga memenuhi asupan vitamin harian.

Selain itu bagian tanaman yaitu daunya dapat di gunakan sebagai obat luka, bagian daun tanaman ciplukan mampu mencegah infeksi akibat luka terbuka. Caranya cukup remas daun ciplukan hingga halus kemudian tempelkan pada bagian luka dan luka akan cepat mengering.

Sekedar pengingat bahwa untuk tidak mengkonsusi buah ciplukan saat masih muda atau hijau, konsumsilah buah saat telah matang sempurna dengan berwarna kuning. Kenapa.? Karena kandungan getah dalam buah yang masih muda cukul tinggi sehingga dapat menimbulkan reaksi mual hingga muntah. Selain itu juga hindari memakan buah ciplukan baik muda atau masak bersamaan dengan kopi atau minuman berkafein lainya, karena mampu memperkuat efeknya reaksi pada tubuh.

Post a Comment for "Beberapa kandungan nutrisi ciplukan"