Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tumbuhan Herbal Rimpang Akaran Yang Paling Dikenal.

Tumbuhan Herbal Rimpang Akaran Yang Paling Dikenal
Tumbuhan herbal rimpang adalah tumbuhan yang sering digunakan bagian tunas akar seperti halnya suku dari tanaman temu-temuan, Manfaat dan khasiat dari tumbuhan tersebut sudah tidak di ragukan lagi, karena tumbuhan herbal akar satu ini sering kali digunakan oleh banyak orang sebagai obat tradisional dalam menjaga kesehatan.

Tak hanya untuk kesehatan pemanfaatan tumbuhan satu ini juga sering digunakan untuk beberapa bumbu rempah masakan hingga bahan baku industri lainya. Untuk itu sima berikut ini beberapa tumbuhan herbal rimpang yang paling terkenal dari suku temu-temuan.

Tumbuhan herbal rimpang akar-akaran.

1. Akar Jahe.

Yang pertama kali ada jahe, tumbuhan satu ini pastinya kamu sudah sangat mengetahuinya dan tentu saja sudah tahu akan rasanya. Yap jahe memang memiliki rasa yang terbilang sedikit pedas, hangat serta tentu saja baik untuk kesehatan tubuh.

Akar dari tumbuhan satu ini memang sering kali di gunakan sebagai bahan campuran pada makanan dan minuman, namun terkadang ada juga yang memanfaatkanya untuk di ambil kandungan minyak esensial alami sebagai wewangian aromaterapi dan minyak urut.

Dan tahu kah kalian bahwa minyak atsiri alias esensial yang ada pada akar jahe ternyata memiliki sifat anti-bakteri, anti-radang, anti-jamur dan anti-inflamasi yang tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mampu berguna untuk mencegah infeksi maupun penyakit.

2. Kunyit.

Kunir atau kunyit, rimpang atau akar-akaran tanaman satu ini memiliki banyak sekali kandungan senyawa kurkumin yang di tandai dengan umbinya yang berwarna orange. Rempah herbal berikut ini juga kerap di gunakan sebagai bahan baku pewarna pada minuman dan makanan.

Tak hanya itu saja umbi kunyit juga kerap di jadikan bahan baku dalam membuat jamu tradisional yang di ketahui bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, melancarkah peredaran darah, meredakan nyeri haid dan mampu menetralkan toxic.

3. Kunyit putih.

Sesuai dengan namanya kunyit putih memang mempunyai warna umbi akarnya yang dominan putih dan hampir mirip dengan umbi kencur. Perbedaan kunyit putih dengan kunyit diatas adalah tingkat akan kandungan kurkuminnya, di ketahui jumlah kurkumin pada kunyit putih lebih sedikit dari kunyit kuning.

Namun dari segi manfaat jangan diremehkan, pasalnya akar kunyit putih juga bisa memberi manfaat yang setara dengan tanaman lainya yaitu mampu mengatasi sakit perut, mencegah infeksi, mencegah peradangan dan masih banyak lagi.

4. Lengkuas.

Tumbuhan herbal rimpang selanjutnya ialah ada lengkuas, lengkuas merupakan rimpang akar-akaran yang paling besar dari tanaman lainya termasuk juga ukuran pohonya.

Batang pohon lengkuas sendiri dapat tumbuh mencapai hingga tiga meter dan besar batang bisa sebesar kepalan tangan. Rimpang lengkuas kerap di gunakan sebagai campuran bumbu pada masakan.

Lengkuas juga bisa dengan mudah di bedakan, selain dari bentuknya yang cukup besar, cara membedakan lungkuas bisa dengan mencium aromanya khasnya.

5. Temulawak.

Temulawak sekilas mirip dengan kunyit dimana tunas akarnya mempunyai warna kuning, walau tidak terlalu sekuning kunyit temu lawak juga memiliki kandungan kurkumin nomor dua dari setelah kunyit.

Cara untuk membedakan temulawak dengan kunyit ialah kamu dapat melihat dari kulit luarnya saja, kulit temulawak memiliki bentuk sedikit lebih halus ketimbang kunyit, selain itu temulawak juga mempunyai beberapa jenis lainya yaitu temu giring, temu ireng, temu putih dan temu mangga yang bisa bedakan berdasarkan warna umbinya.

Manfaat dari tumbuhan temulawak yang terkenan ialah kemampuan dalam meningkatkan nafsu makan pada anak dan orang yang sulit makan.

6. Rimpang Kencur.

Menurut kamu bagaimana cara membedakan bentuk kencur dari rimpang akar lainya? Kencur merupakan salah satu tumbuhan herbal rhizome yang kerap kali dimanfaatkan bagian tunas akarnya oleh manusia.

Dari segi ukuran kencur memang lebih kecil dari tumbuhan herbal lainya, selain itu kencur juga memiliki banyak tunas dan daging umbi yang dominan putih pucat.

Kencur juga memiliki aroma wangi yang khas dan kuat yang membuatnya paling kerap digunakan ke dalam campuran masakan.

Aroma dan rasa dari akar kencur yang kuat diketahui membuat masakan menjadi khas dan biasanya makanan yang menggunakan rempah kencur adalah makanan tradisional.

7. Bangle.

Tumbuhan herbal rimpang berikutnya yaitu bangle, banyak juga yang tak tahu bagaimana bentuk dari tanaman bangle, hal tersebut di karenakan tanamam satu ini memang mempunyai bentuk dan warna yang hampir mirip dengan temulawak dan kunyit.

Dari kesamaan itulah tumbuhan satu ini kerap salah di sebut. Rimpang akar bangle jarang digunakan dalam bumbu makanan dan lebih sering digunakan sebagai campuran ramuan tradisional seperti jamu.

Khasiat dari tumbuhan bangle sudah tidak di ragukan, bangle diketahui dapat menjadi obat herbal untuk mengatasi masalah rematik, melancarkan peredaran darah, peluruh lemak, meredakan nyeri serta mengatasi masalah pencernaan.

8. Tumbuhan Lempuyang.

Lempuyang wangi atau lempuyang adalah rempah-rempah selanjutnya yang mempunyai khasiat super sebagai obat herbal alami.

Rimpang akar lempuyang banyak digunakan sebagai campuran dalam obat. Lempuyang atau puyang adalah salah satu dari bahan utama pembuatan jamu yang sangat populer, seperti jamu cabe puyang.

Rimpang lempuyang juga diketahui mampu menginduksi apoptosis sel-sel kanker berkebang di dalam tubuh.

Nah itulah 8 tanaman herbal akaran yang paling dikenal.