Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman Herbal Dedaunan Yang Kerap Kali Dimanfaatkan.

Tanaman Herbal Dedaunan Yang Kerap Kali Dimanfaatkan.

Tanaman Herbal Dedaunan Yang Kerap Kali Dimanfaatkan.
Beberapa tanaman memang mempunyai khasiat tersendiri baik dari tumbuhan itu sendiri atau dari atar tumbuhan lainya. Namun terkadang tidak dari semua bagian datri tumbuhan dapat di gunakan sebagai obat tradisional.

Itulah mengapa ada tanaman yang dimanfaatkan bagian batang, daun, akar, kulit, buah dan bijinya tersendiri-sendiri, hal ini di karenakan perbedaan kandungan dan khasiat yang di dalamnya.

Untuk Itu simak di bawah ini beberapa tanaman herbal yang paling sering dimanfaatkan bagian daunya sebagai obat tradisional.

Daun Sirih

Daun sirih, siapa yang tidak mengenalnya. Manfaat daun sirih sudah tidak di ragukan lagi terlebih untuk kesehatan manusia.

Sirih atau Piper merupakan tumbuhan merambat yang di ketahui berasal dari Indonesia, kebanyakan sirih di tanaman sebagai hiasan di perkarangan rumah yang tentu saja untuk di manfaatkan bagian daunya.

Daun salam mengandung minyak atsiri berupa seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak serta kavikol yang bersifat mampu membunuh kuman, antifungi, antibakteri, antiseptik serta antiradang.

Kamu bisa menggunakan tanaman daun sirih sebagai obat tradisional baik dari luar maupun dari dalam tubuh.

Beberapa manfaat dari daun sirih yang di yakini yaitu mengatasi asma, batuk, demam berdarah, masalah keputihan, luka kulit, penyakit kulit, bau mulut, radang gusi, pendarahan di hidung (mimisan) serta masih banyak lagi.

Kumis Kucing

Tentang khasiat tanaman kumis kucing sebagai obat tradisional memang sudah tidak di ragukan lagi, salah satu contohnya yaitu dapat mengatasi penyakit asam urat, diabetes, mengeluarkan racun, tekanan darah tinggi dan masih ada banyak lagi.

Kumis kucing (Orthosiphon aristatus) termasuk kedalam keluarga Lamiaceae/Labiatae asli dari Indonesia yang di tanam untuk di ambil bagian daunya sebagai obat.

Baik daun kering atapun basah sama saja dan dapat digunakan sebagai bahan baku obat tradisional.

Daun Salam

Tanaman satu ini pasti sudah kalian ketahui tentunya.

Umumnya pohon satu ini di tanam untuk di manfaatkan bagian daunya sebagai bumbu pada masakan dan obat tradisional, tak hanya itu saja loh, pohon salam juga menghasilkan buah mungil yang berukuran sekitar 0,5 cm berwarna merah dan mempunyai rasa manis dengan sedikit kelat saat sudah matang.

Untuk penggunaan tanaman satu ini tak sebatas dalam penggunaan dalam bumbu masakan saja, untuk mendapatkan khasiat lain dari daun salam kamu bisa melakukan dengan cara merebusnya menggunakan air yang kemudian di konsumsi.

Daun salam di ketahui mengandung banyak senyawa berupa Vitamin C, A, asam folat, besi, mangan. magnesium serta beberapa mineral lainya.

Mengkonsumsi air rebusan daun salam di klaim dapat mengatasi masalah diabetes, mengurangi lemak, memperlancar saluran kencing serta mengatasi darah tinggi.

Daun sambiloto

Sambiloto (Andrographis paniculata) merupakan tanaman yang di kategorikan segabai obat herbal, karena khasiatnya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Belum di ketahui pasti asal tanaman satu ini namun diduga berasal dari kawasan Asia tropis.

Untuk kandungan dari daun sambiloto yang baru di ketahui pasti berupa saponin, flavanoida, dan tanin serta beberapa kemampuan lainya seperti antiradang, antidiuretik, antiinflamasi dan antioksidan. Beberapa masyarakat menggunakan khasiat daun tanaman satu ini untuk mengatasi masalah gula darah, mengatasi demam, melancarkan saluran kencing, radang telinga, sakit perut dan masih banyak lagi.

Kunyit

Kunyit tanaman yang kaya akan kandungan kurkuminya, pemanfaatan tanaman satu ini lebih condong ke arah rimpangnya, karena mempunyai kandungan kurkuma atau curcumin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Namun terlepas dari bagian akar rimpangnya bagian dari pada daunya juga dapat di gunakan loh. Pemanfaatan daun kunyit dapat berupa campuran bumbu dalam masakan, pembungkus makanan hingga ramuan tradisional.

Beberapa khasiat yang di ketahui dari daun tanaman kunyit ialah kemampuan dalam menyembuhkan luka, mencegah perdangan, mencegah diabetes, mengencerkan gumpalan darah dan masih ada banyak lagi.

Daun Seledri.

Mendengar nama seledri pasti kamu sudah tahu, yap seledri merupakan salah satu tumbuhan yang kerap kali di gunakan sebagai penyedap pada makanan dan lalapan, tak hanya itu saja pemanfaatan daun seledri juga kerap kali di gunakan sebagai bahan baku obat tradisional.

Namun alih-alih mengolahnya sebagai ramuan obat, daun seledri kerap kali hanya di makan mentah secara langsung untuk mendapatkan khasiatnya. Mengkonsumsi daun seledri secara rutin di klaim dapat menurunkan kadar kolesterol yang berlebihan, melancarkan saluran pencernaan, membantu menurunkan berat badan, menyehatkan organ ginjal serta mencegah pertumbuhan sel kanker.

Daun Sirsak

Sirsak atau durian belanda (Annona muricata) merupakan tanaman berguna dari Karibia, Amerika tengah dan Selatan, termasuk dalam tanaman tropis sehingga dapat tumbuh di Indonesia.

Pohon sirsak di budidayakan secara komersial untuk di ambil buahnya, buahnya berwarna hijau yang di selimuti duri-duri tumpul, dengan daging buah berwarna putih berasa asam manis serta mempunyai biji hitam mirip dengan biji sawo, bijinya di ketahui senyawa anonaine, asam hidrosianat yang sebaiknya jangan sampai tertelan.

Buah sirsak mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, namun yang akan kita bahas ialah bagian daunya, ekstrak dari daun sirsak kering banyak di gunakan dalam pembuatan suplemen obat karena akan khasiatnya.

Beberapa penyakit yang di ketahui dapat di talangi dengan daun sirsak ialah diabetes, kanker, penyakit paru-paru, asam urat, masalah kesuburan, masalah pencernaan hingga kolesterol.

Nah itulah beberapa Tanaman Herbal Dedaunan Yang Kerap Kali Dimanfaatkan