Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Hal Yang Harus Kamu Coba Agar Bisa Berhenti Merokok.

Beberapa Hal Yang Harus Kamu Coba Agar Bisa Berhenti Merokok.
Sumber foto : Pixabay
Hidup sehat tanpa rokok. Jika kamu ingin berhenti dari kebiasaan buruk satu ini, tapi masih belum berhasil, jangan cemas. Masih ada banyak cara lain yang bisa kamu coba agar berhasil atau berhenti dari kebiasaan merokok.

Kegagalan berhenti merokok tidak membuat kamu akan selamanya terbelenggu oleh rokok. Bisa jadi keberhasilan cara berhenti merokok dapat diraih dengan mencoba beberapa cara sekaligus. Hal yang perlu kamu ingat ialah, berhenti merokok diperlukan proses dan waktu yang perlu dijalani secara bertahap serta memerlukan tekad, komitmen dan kesabaran yang besar.

Berikut ini beberapa cara Berhenti Merokok

Pintar Mengatur Mood Dan Stres

Mood dan stres bisa menjadi salah satu alasan seseorang untuk memilih merokok agar bisa terlepas. Itulah sebabnya seseorang yang sudah merokok akan merasa rileks. Cobalah untuk meredakan ketegangan tersebut dengan cara lain seperti mendengarkan musik, pijat, olahraga atau yoga.

Diawal masa percobaan untuk berhenti memang akan terasa berat namun sebisa mungkin kamu hindari situasi yang mendatangkan stres.

Jangan Mudah Terpengaruh.

Beberapa faktor atau kebiasaan yang bisa membuat kamu kembali aktif merokok, berupa kumpul bersama dengan sesama perokok, minum kopi atau minum minuman beralkohol. 

Jika kamu biasa merokok setelah makan, kamu bisa mengantinya cara lain seperti mengemut permen atau permen karet dan menggosok gigi.  

Minta Dukungan Keluarga Dan Kerabat 

Beri tahu kepada teman dan kerabat bahwa kamu sedang proses untuk berhenti merokok. Beberapa dukungan orang lain dapat berperan dalam membantu kamu agar berhenti merokok.

Dengan begitu mereka yang akan mengingatkan dan membantu kamu menjaga situasi menjadi lebih kondusif sehingga tujuan berhenti merokok lebih mudah tercapai.

Kontrol Sikap

Cara untuk berhenti merokok selanjutnya bisa melalui terapi perilaku, yaitu bentuk bimbingan konseling yang bisa membantu kamu untuk fokus pada cara menjalankan program berhenti merokok. Terapi hal ini dilakukan dengan cara kunsultasi pada konselor dalam sesi psikoterapi, namun kamu bisa juga dalam sesi per kelompok.

Terapi ini bisa dipadukan dengan terapi penggantian nikotin atau obat-obatan lainya. Terapi perilaku satu ini tidak hanya perlu dilakukan sebagai cara berhenti merokok saja, namun juga bisa untuk membantu kamu dalam mengatasi masalah kesehatan mental sepeti stress, kecemasan dan lainya.

Merapikan Lingkungan Tepat Tinggal.

Membersihkan rumah dari alat-alat rokok atau yang bersangkutan dengan rokok. Bersihkan barang-barang yang yang mengandung aroma rokok.

Gunakan pengharum aroma ruangan untuk membantu menghilangkan bau asap rokok.

Rutinitas Olahraga

Olahraga bisa membantu kamu dalam mengurangi dan mengalihkan hasrat dari efek nikotin. Jika timbulnya rasa ingin merokok, segeralahbergerak untuk melakukan aktivitas olahraga, seperti lari atau sekadar jalan kaki ataupun melakukan berenang. Bergabung dengan klub kebugaran adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan.

Mengatur pola Makan Setiap Hari

Cara berhenti merokok selanjutnya bisa dengan mengonsumsi asupan makanan yang sehat. Selama masih program menghentikan merokok, beberapa orang kerap merasa kurang berselara untuk makan karena efek nikotin dari rokok terhadap indera perasa.

Menjalani pola makan yang sehat bisa menjadi salah satu langkah untuk memberi nutrisi tubuh sekaligus sebagai pengingat untuk menjalani gaya hidup sehat.

Pikirkan Dampak Positifnya

Ada banyak dampak positif yang bisa kamu diambil dari berhenti merokok seperti tubuh yang lebih sehat, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko terkena serangan jantung, stroke, dan kanker.

Selain itu dengan berhenti merokok maka beberapa gangguan pernafasan dapat di hindari, tidak mudah lelah serta tidak membuat nafas menjadi bau. 

Metode Hipnosis atau sugesti

Cara untuk berhenti merokok selanjutnya bisa melalui hipnosis, hipnosis dipercaya dapat mengubah perilaku seseorang. Saat dihipnosis maka kamu akan merasa lebih rileks, mampu berkonsentrasi, serta mendengarkan saran yang di berikan untuk berhenti merokok.

Namun sebagian orang ada yang mengaku bahwa telah di hipnosis merasakan manfaatnya. Jika ingin mencoba kamu dapat melakukan metode hipnosis sebagai salah satu caranya.

Menggunakan Obat-obatan

Kamu dapat menempuh langkah medis jika cara di atas tidak berhasil. Dokter akan memberikan meresepkan obat-obatan yang bisa membantu mengurangi hasrat seseorang untuk merokok dengan cara memengaruhi proses kimia pada otak.

Obat ini juga akan membuat rokok menjadi tidak akan lagi menjadi alat memuaskan. Tersedia juga berbagai obat yang tentunya bisa membantu kamu dalam meredakan efek kecanduan nikotin, seperti depresi dan ketidakmampuan berkonsentrasi.

Jangan Menyerah Untuk Berusaha

Kamu Berulang kali gagal dalam berhenti merokok, itu adalah kondisi yang umum terjadi di setiap orang yang mencoba. Gagal bukan berarti kamu tidak pasrah mungkin kamu hanya perlu dorongan lebih. 

Banyak orang yang beberakali mencoba hingga akhirnya berhasil untuk berhenti merokok. Untuk itu kamu harus melakukanya secara perlahan-lahan. 

Adapun dengan cara lainya yaitu lakukan secara bertahap, misalnya sehari menghabiskan sebungkus rokok besoknya kurangi dengan menyisahkan dua batang, besoknya sisahkan 4 batang dan seterusnya hingga terbisa untuk behenti. 

Selamat mencoba.