Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Manfaat Daun Keuning Untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

manfaat daun kemuning untuk kesehatan
Sumber foto: pixabay
Kemuning Murraya paniculata yang diketahui masih satu keluarga dengan tanaman kari, umunya tanaman satu ini tumbuh liar disemak-semak, blukar ataupun terkadang ditanam sebagai tanaman hias perkarangan. Simak manfaat daun kemuning untuk kesehatan. Di Indonesia beberapa daerah menyebutnya dengan nama kamuni, sukik, kamoni, kamuning, kajeni, kemoning, kamonèng, kemiuning, palopo, eseki, tanasa, kamone dan kamoni.

Pemanfaatan tanaman kemuning ada pada bagian batang dan daunya, diaman batangnya kerap kali digunakan sebagai alat perkakas, sedangkan daunya banyak digunakan sebagai bahan baku campuran untuk obat tradisional.

Daun kemuning mengandung beberapa senyawa diantaranya kumarin, minyak atsiri, flavonoid, alkaloid, fenolik serta beberapa sifat alami berupa anti-bakteri, anti-radang, anti-inflamasi, anti-mikroba, anti-diabetik dan tentu saja antioksidan.

Simak berikut ini beberapa manfaat daun kemuning yang harus kamu ketahui.

1. Daun Kemuning Atasi Stres Oksidatif.

Khasiat daun kemuning yang pertama yaitu mampu mengatasi stres oksidatif. Apa itu stres oksidatif?

Stres oksidatif merupakan keadaan dimana paparan radikal bebas yang masuk lebih dari kemampuan tubuh melawan atau menetralisirnya, sehingga kemungkinan kerusakan jaringan sel di dalam tubuh dapat terjadi lebih besar. 

Tentunya kamu butuhkan ialah perbanyak konsumsi asupan yang kaya akan kandungan antioksidan, dan salah satunya bisa kamu dapatkan dari tanaman kemuning.

Pada dasarnya antioksidan tak hanya ada pada daun kemuning saja, masih ada banyak sumber antioksidan lainya.

2. Daun Kemuning Mengatasi Sakit Gigi.

Kamu bisa memanfaatkan khasiat dari daun tanaman kemuning untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri pada gigi atau gusi loh, caranya cukup rebus beberapa lembar daun yang kemudian digunakan untuk berkumur.

Daun kemuning juga diketahui memiliki beberapa sifat alami seperti anti-bakteri dan anti-radang yang tentunya mampu membunuh kuman pada area rongga mulut.

3. Daun Kemuning Mengobati Luka Memar.

Khasiat daun kemuning berikutnya yaitu bisa kamu gunakan untuk mengobati luka memar pada area kulit. Caranya ambil beberapa lembar daun kemuning segar lalu kemudian tumbuk hingga halus dan tempelkan pada area tubuh yang terdapat memar, setelah itu tutup atau bungkus menggunakan perban atau kain bersih.

4. Daun Kemuning Mencegah Batu Ginjal.

Mengkonsumsi rebusan daun kemuning diketahui bermanfaat dalam mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal atau pengendapan mineral garam di area ginjal dan kandung kemih. Hal ini diketahui karena daun kemuning mampu memicu pembentukan urine lebih cepat, sehingga memungkinkan untuk membantu organ tubuh terutama ginjal dalam mengeluarkan zat-zat berbahaya atau cairan metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi.

Efeknya akan berdampak pada saluran kencing dimana menjadi lebih sehat serta terhindar dari penyakit batu ginjal. Akan tetapi penelitian terhadap manfaat daun kemuning masih terus di teliti, terlebih lagi berapa jumlah dosis pemakaian yang aman untuk tubuh.

5. Daun Kemuning Atasi Radang Tenggorokan.

Jika kamu sedang mengalami masalah tenggorokan gatal, batuk, sakit tenggorokan dan panas dalam jangan terlalu terburu-buru untuk meminum obat-obatan instan. Cobalah untuk menggunakan bahan yang lebih alami seperti menggunakan daun kemuning.

Jika ditempat kamu terdapat banyak tanaman kemuning, cukup ambil beberapa lembar daunya yang kemudian di rebus bersamaan segelas air dan setelah itu dikonsumsi dua kali sehari.

6. Daun Kemuning Atasi Diabetes.

Daun kemuning bisa menjadi obat alternatif dalam mengatasi masalah diabetes atau gula darah secara alami.  Beberapa kandungan senyawa pada daun tanaman kemuning mampu berguna sebagai obat antidiabetik alami bagi tubuh, walau tidak seampuh dari jenis obat-obatan, namun kamu bisa menggunakan khasiatnya sebagai pencegahan.

Walaupun daun kemuning mempunyai kemampuan dalam mengurangi kadar gula darah, namun ada baiknya kamu jangan terlalu berlebihan dalam menggunakanya, karena belum diketahui pasti berapa dosis pemakaian yang aman untuk tubuh.

7. Mengatasi Masalah Keputihan.

Masalah keputihan yang berlebihan menandakan bahwa adanya gangguan kesehatan pada area missV perempuan, biasanya kebanyakan orang-orang menggunakan khasiat daun sirih sebagai obat alami untuk membereskan masalah keputihan.

Akan tetapi jika ditempat kamu tidak terdapat tanaman sirih melainkan ada tumbuhan kemuning tentu kamu bisa menggunakan daunya sebagai penganti alternatif. Caranya menggunakanya sama saja dengan menggunakan daun sirih, cukup direbus dan kemudian airnya digunakan untuk membersihkan area kewanitaan.

8. Daun Kemuning Mencerahkan Kulit.

Khasiat dari daun kemuning berikutnya diklaim mampu menghaluskan dan mencerahkan permukaan kulit kamu. 

Beberapa dari masyarakat ada yang menggunakan tanaman kemunig sejak lama dalam merawat kulit. Cara menggunakannya cukup mudah, ambil daun kemuning yang cukup muda tumbuh hingga halus lalu setelah itu di balurkan ke kulit sebagai lulur alami.

9. Daun Kemuning Mengobati Disentri.

Daun kemuning memiliki sifat alami berupa anti-mikroba, anti-bakteri serta mampu mencegah infeksi akibat kuman maupun virus pada area pencernaan yang terbawa masuk saat bersamaan makanan.

Nah dengan kemampuan yang dimilikinya tersebut tentunya bisa kamu gunakan dalam mengatasi masalah sakit perut dan diare secara alami. Caranya cukup dengan merebus daun kemuning yang kemudian di konsumsi sehari dua gelas pagi sore atau hingga sembuh.

10. Daun Kemuning Mencegah Infeksi Saluran Kencing.

Khasiat daun kemuning berikutnya yaitu diklaim mampu mencegah terjadinya infeksi kuman pada saluran kencing terutama pada area ginjal dan kandung kemih. Disamping itu mengkonsumsi air rebusan daun tanaman kemuning juga mampu mengobati masalah kencing nanah dan radang buah zakar.

11. Daun Kemuning Atasi Penyakit Hepatitis.

Dikutip dari repository.lppm.unila.ac.id bahwa ekstrak senyawa yang kandungan di dalam daun kemuning mempunyai kemampuan dalam mencegah penyakit hepatitis sekaligus melindungi organ hati dari infeksi virus.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun kemuning untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. Perlu kamu ingat bahwa jangan terlalu sering menggunakan  khasiatnya atau jangan terlalu berlebihan dalam pemakaianya. Karea di takutkan menimbulkan dampak efek samping seperti gangguan pencernaan, gangguan keseimbangan cairan serta gangguan aliran darah .