Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Tanaman Jahe Dari Kandungan Yang Ada Didalamya.

Manfaat Tanaman Jahe Dari Kandungan Yang Ada Didalamya.
Sumber foto: pixabay
Jahe, siapa sih yang tidak mengenalnya. Jahe merupakan tanaman herbal akar-akaran (rimpang) yang diketahui banyak tersebar di Asia. Pemanfaatan tanaman jahe terletak pada bagian akarnya dimana akarnya banyak digunakan sebagai bumbu pada masakan, obat tradisional, suplemen obat hingga di ambil ekstraknya untuk penggunaan lainya.

Tanaman jahe memang telah di kenal sejak dahulu akan manfaatnya untuk menjaga daya tahan tubuh, selain itu tanaman satu ini juga memiliki ciri khas yaitu rasa hangat saat dikonsumsi atau di oleskan kekulit tubuh. Sifat menghangatkan dari tanaman jahe di karenakan adanya kandungan minyak atsiri di dalamnya.

Minyak atsiri pada tanaman jahe diketahui mempunyai sifat alami berupa antioksidan, antibakteri, antijamur, antiinflamasi serta antiradang. Tentunya dari kemampuan tersebut tanaman jahe bisa menjadi obat alternatif pengobatan secara alami.

Untuk Itu Simak Dibawah Ini Manfaat Tanaman Jahe Untuk Kesehatan.

1. Meningkatkan Daya Taha Tubuh.

Manfaat tanaman jahe yang pertama ialah mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang menjadi lebih kuat.

Jahe mengandung beberapa senyawa penting berupa minyak atsiri yang berfungsi dalam menjaga tubuh dari serangan penyakit, baik itu dikarenakan serangan virus, infeksi kuman serta jamur. Tak sampai di situ saja, selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, jahe juga mempunyai khas yang hangat saat di konsumsi, hal ini akan berguna saat memasuki musim dingin atau cuaca hujan.

2. Mengatasi Beberapa Masalah Pada Pencernaan.

Beberapa masalah pada area pencernaan seperti diare, sakit perut dan kram perut jangan terlalu terburu-buru untuk mengkonsumsi obat-obatan, kamu bisa mengatasinya dengan cara yang lebih alami salah satunya menggunakan tanaman jahe.

Beberapa penyebab sakit perut umunya di sebabkan oleh infeksi kuman, jamur dan virus yang terbawa masuk bersamaan dengan makanan pada saluran pencernaan.

Untuk itu tanaman jahe memiliki kemampuan dalam membunuh bakteri, kuman dan virus yang masuk di dalam tubuh hanya dengan mengkonsumsinya. Kamu bisa mendapatkan khasiat jahe satu ini hanya dengan mengkonsumsi air rebusa jahe sebanyak dua sampai tiga gelas sehari saat sakit perut melanda. 

3. Menurunkan Kadar Kolesterol. 

Manfaat jahe berikutnya yaitu jahe bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, terutama untuk kolesterol jenis LDL ( kolesterol jahat. 

Kemampuan jahe dalam merununkan kadar kolesterol di dalam tubuh di karenakan adanya kandungan antioksidan pada tanaman satu ini, tentunya kamu bisa mendapatkan asupan tambahan jika ingin mendapatkan sumber antioksidan lainya untuk tubuh.

Walau jahe bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh namu kamu tidak bisa mendapatkan khasiatnya secara cepat, terlebih lagi kamu yang tidak menjaga pola makan yang teratur.

4.  Jahe Melegakan Tenggorokan.

Beberapa masalah pada area tenggorokan seperti kering, panas dalam, tenggorokan sakit, terasa gatal dan batuk-batuk, mungkin kamu harus coba tanaman jahe sebagai obat alami dalam mengatasi masalah tersebut.

Jahe juga bisa mengurangi dampak dari infeksi dan peradangan pada area tenggorokan yang di sebabkan oleh bakteri atau virus. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mencoba. Disamping itu sensasi hangat dari jahe juga ajan melegakan pernafasan kamu.

5. Jahe Obat Rematik.

Manfaat tanaman jahe berikutnya yaitu bisa meredakan nyeri sendi dan rematik. Jahe mengandung sifat antiinflamasi dan antirandang yang bisa meredakan pembengkakan dan iritasi pada area pergelangan atau lebih tepatnya area persendian.

Nah untuk kamu yang bagian sendinya seperti jari kaki, jari tangan dan bagian pergelangan lainya terasa sakit dan nyeri mungkin bisa memanfaatkan tanaman satu ini.

6. Memperbaiki Masalah Pada Rambut Dan Kulit Kepala.

Tanaman Jahe terbukti bisa menjaga kesehatan pada area kepala seperti hanya mengatasi kulit kepala gatal, rambut bau, ketombe, rambut rontok dan bercabang.

Manfaat satu ini tentunya bisa kamu gunakan dengan cara menumbuk akar jahe kemudian di jadikan sebagai keramasan saat akan mandi. 

7. Melancarkan Peredaran Darah.

Manfaat jahe dalam melancarkan peredaran darah bukan karena tanpa sebab, pasalnya tanaman jahe mengandung antioksidan yang cukup tinggi serta beberapa mineral lainya yang tentunya bisa memperlancar aliran darah keseluruh tubuh.

Kandungan antioksidan pada tanaman jahe juga efektif dalam mengurangi penumpukan lemak jahat pada saluran pembuluh darah yang merupakan penyebab tersumbatnya aliran darah. Dengan lancarnya peredaran darah maka beberapa penyakit seperti darah tinggi atau hipertensi, serangan jantung dapat di hindari jauh hari.

9. Mengurangi Nyeri Saat Haid.

Manfaat jahe dalam mengurangi nyeri haid tak kalah jauh beda dengan keluarganya yaitu kunir atau kunyit. Kunyit memang telah terbukti mampu meredakan rasa sakit atau nyeri pada area perut saat masa siklus haid.

Namun jahe juga bisa menjadi salah satu obat alternatif untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, caranya cukup mudah, bersihkan akar jahe sebanyak 2 jari kemudian iris tipis-tipis dan rebus menggunakan air satu gelas. Setelah mendidih tuangkan di gelas dan konsumsi selagi hangat, lakukan sebanyak dua atau tiga kali sehari sebelum memasuki dan masa haid tiba.

10. Manfaat Jahe Untuk Otot.

Manfaat jahe bisa kamu gunakan untuk otot luar tubuh, nah jika kamu sedang mengalami pegal-pegal, otot kram, memar atau pergelangan sendi terkilir, cobalah untuk menggunakan akar tanaman satu ini untuk mengatasinya.

Sensai hangat dari minyak atsiri yang terkandung pada jahe saat mengenai kulit efektif dalam mengurangi rasa pegal-pegal, kelelahan, otot kram dan mencegah pembengkakan pada area pergelangan sendi yang terkilir. Selain itu jahe juga bisa melancarkan aliran darah di bawah permukaan kulit.

Nah Itulah beberapa manfaat dari tanaman jahe yang bisa kamu gunakan.

Tentunya hal ini bisa kamu gunakan sebagai obat alternatif secara alami, selain itu tanaman satu ini juga sangat mudah di tanaman di perkarangan rumah sebagai persediaan.