Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Manfaat Daun Seledri Yang Bisa Kamu Dapatkan.

MANFAAT DAUN SELEDRI UNTUK KESEHATAN
Sumber foto: pixabay
Seledri (Apium graveolens) adalah tanaman yang banyak dibudidayakan untuk diambil bagian daun dan tangkai batang sebagai bahan campuran penyedap makanan hingga obat tradisional. Penggunaan daun seledri di Indonesia sering dipakai sebagai bahan campuran pada masakan seperti mie bubur ayam, soto, sop dan masih banyak lagi, rasanya yang renyah dan segar terkadang sering juga dijadikan lalapan pendamping.

Beberapa kandungan daun seledri diantaranya karbohidrat, kalori, air, protein, gula, serat, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, C, D, E, K , vitamin B kompleks, fosfor, potassium, sodium dan seng. Selain itu saja daun seledri juga mampu bersifat antireumatik, antidiuretika, antihipertensi serta antioksidan yang baik bagi tubuh.

Simak berikut ini beberapa manfaat dari daun seledri untuk kesehatan.

1. Menjadi Sumber Gizi.

Daun seledri mengandung kaya akan nutrisi, baik dari segi kandungan vitamin dan mineralnya. Hanya dengan teratur mengkonsumsinya maka daun seledri bisa menjadi sumber asupan nutrisi tambahan yang bagus untuk tubuh kamu loh.

Namun, jangan karena sayuran satu mengandung nutrisi yang tinggi lantas kamu hanya mengkonsumsi satu jenis sayuran setiap hari dengan ukuran yang banyak. Cukup konsumsi daun sehari sekali sebagai lalapan, salad atau campuran pada makanan itu sudah cukup untuk medapatkan manfaatnya.

2. Atasi Sembelit Dengan Daun Seledri.

Manfaat daun seledri selanjutnya yaitu bisa melancarkan gangguan pencernaan seperti masalah sembelit yang sedang kamu alami.

Jika kamu sedang atau sering mengalami susah buang air besar atau sembelit cobalah untuk perbanyakan mengkonsumsi sayuran hijau satu ini.

Terdapatnya serat dan air yang tinggi pada daun seledri yang dapat bergguna dalam melancarkan feses serta mencegah pengerasan kotoran pada usus besar. Cara paling cepat untuk mendapatkan khasiatnya ialah dengan mengolah daun seledri menjadi jus segar.

3. Mengatur Tekanan Darah.

Daun seledri diklaim efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi pada seseorang loh, hal ini diketahui terdapat beberapa kandungan senyawa dan mineral penting pada seledri yang mampu berkhasiat dalam melancarkan peredaran darah serta mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Dalam hal ini sayuran seledri juga sering disebut sebagai obat ant-hipertensi alami karena kemampuanya dalam mengatur tekanan darah.

4. Menguatkan Otot Dan Tulang.

Khasiat daun seledri mampu menguatkan otot dan tulang bagi yang rutin mengkonsumsinya. Beberapa kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, potassium, sodium, lemak, vitamin C dan protein yang ada pada daun seledri mampu mencegah dan memperbaiki kerusakan jaringan sel serta memperkuat otot dan tulang tubuh. 

5. Cocok Untuk Makanan Yang Sedang Diet.

Daun seledri bisa kamu gunakan untuk asupan makanan program diet, guna untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Kamu juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara mengolah daun seledri menjadi jus atau salad segar. 

Adanya kandungan serat pada sayur hijau satu ini juga diketahui berguna dalam membantu kamu menjalankan program menurunkan badan secara cepat dengan cara kerja mengurangi penyerapan karbohidrat dan lemak dari makanan yang kamu konsumsi sehari-hari.

6. Mengatasi Sakit perut Dan Diare.

Manfaat daun seledri selanjutnya bisa kamu manfaatkan untuk mengobati masalah diare dan sakit perut. Kalau kamu rutin mengkonsumsi sayuran satu ini maka kamu akan mendapatkan khasiatnya dalam mencegah masalah diare dan sakit perut.

Selain itu beberapa kandungan pada daun seledri diketahui mampu membunuh vitus dan kuman yang terbawa masuk bersamaan dengan makanan. Akan tetapi daun seledri tidak bisa di jadikan namun kamu bisa menggunakanya sebagai pencegahan secara alami.

7. Menyehatkan Ginjal.

Manfaat daun seledri berikutnya yaitu mampu melancarkan saluran kencing, menjaga kesehatan organ ginjal serta mencegah masalah pada kandung kemih. Hal tersebut didapati karena daun seledri mampu bersifat diuretika yaitu mampu memicu pembentukan urin secara alami tanpa obat-obatan, tentunya hal ini akan sangat bermanfaat dalam membersihkan saluran kencing, mencegah beragam infeksi kuman serta mencegah pengkristalan mineral garam pada kandung kemih.

8. Mengatasi Kolesterol.

Daun seledri diketahui efektif dalam mencegah naiknya kolesterol jahat di dalam tubuh terutama kolesterol (LDL) secara berlebihan.

Kandungan serat pangan pada sayuran yang memungkinkan berguna untuk mencegah penyerapan lemak jenuh berlebihan yang berasal dari makanan, tentunya hal ini sangat baik terutama untuk menjaga kesehatan tubuh kamu loh.

Berkurangnya kolesterol jahat maka resiko penyakit berbahaya seperti hipertensi, gangguan peredaran darah, penyakit jantung dan stroke dapat di hindari..

9. Mencegah Kerusakan Jaringan Sel.

Kemampuan dari sayuran seledri dapat mencegah kerusakan sel didasari dengan adanya kandungan nutrisi serta senyawa lainya yang bersifat antioksidan bagi tubuh. Perlu untuk kamu ketahui antioksidan berguna dalam mencegah kerusakan jaringan sel tubuh lebih parah, baik itu akibat paparan radikal bebas atau zat kimia yang masuk kedalam tubuh.

Disamping itu fungsi dari antioksidan lainya yaitu ialah mampu mempercepat regenerasi atau pembentukan jaringan sel baru. Maka dari itu jika kamu ingin mendapatkan tubuh yang sehat dan tampak lebih awet muda rutinlah mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan.

10. Menambah Gairah Pria.

Daun seledri dikalim efektif seperti obat afrodisiaka alami, yaitu senyawa yang memicu atau menambah gairah sex pada pria. Namun hal ini masih perlu pengujian lebih lanjut akan terhadap dampak manfaatnya bagi tubuh, terlebih lagi berapa batas aman konsumsi yang di sarankan agar tidak menerima efek samping.

Nah itulah 10 Manfaat Daun Seledri Yang Bisa Kamu Dapatkan. Selamat Mencoba.