Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cari Tahu Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Tubuh.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan
Sumber foto : medical news today
Centella asiatica atau dengan nama lain pegagan merupakam tanaman liar yang sering dimanfaatkan oleh orang-orang Asia pengobatan tradisonal serta pengobatan Ayurveda. Khasiat dari daun pegagan dapat berguna sebagai obat antimikroba, antidiabetes, antiinflamasi dan antidepresan alami.

Di Indonesia tanaman satu ini kerap di jadikan bahan panganan, baik berupa lalapan, salad hingga sayur-mayur. 

Maka dari itu simak berikut ini beberapa manfaat dari daun pegagan untuk kesehatan tubuh.

1.Mencegah kerusakan jaringan otak dan meningkatkan daya ingat

Khasiat yang pertama ialah daun pegagan berguna sebagai ramuan herbal dalam mengatasi gangguan suasana hati sekaligus meningkatkan daya ingat seseorang.

Meskipun hasil dari pengujian ilmiah belum bisa sepenuhnya mengklaim hal tersebut berhasil sepenuhnya, ada bukti-bukti lainya bahwa daun pegagan punya manfaat langsung namun tidak secara langsung terhadap kesehatan otak.

Daun satu ini diklaim mampu memengaruhi kemampuan kognitif dan memori secara tidak langsung pada seseorang. Hal ini karena tanaman pegagan memang memiliki efek dalam meningkatkan sensitifitas seseorang yang kemudian memungkinkan meningkatkan kemampuan daya ingat jangka pendek.

2. Memperbaiki Mood Atau Suasana Hati Seseorang.

Khasiat daun pegagan diketahui memiliki efek dalam mengurangi beberapa gangguan kecemasan dengan cara mengontrol aktivitas neurotransmiter yang disebut gamma-aminobutyric acid (GABA). Selain itu beberapa kandungan berupa asam asiatat pada tanaman pegagan diperkirakan bisa mempengaruhi dari efek pada GABA tersebut.

Senyawa asam asiatat pada daun pegagan memengaruhi dalam penyerapan GABA ke area otak. Hal ini tentunya menjadikan daun satu ini berpotensi menjadi salah satu obat herbal yang dapat mengatasi gangguan kecemasan seperti halnya insomnia dan depresi secara alami.

Namun kamu jagan terlalu berharap pada daun pegagan di atas, karena masih diperlukan beberapa penelitian ilmiah lebih lanjut terhadap tumbuhan satu ini.  

3. Memperlancar Aliran Darah

Khasiat tumbuhan pegagan berikutnya ialah mampu memperlancar aliran darah keseluruh tubuh. Berdasarkan hasil dari penelitian, terdapatnya sejumlah bukti terhadap khasiat daun pegagan dalam memperbaiki sirkulasi aliran darah bagi penderita chronic venous insufficiency (CVI).

Penyakit tersebut merupakan gangguan pembuluh vena di area kaki, sehingga memungkinkan mengalami masalah dalam memompa darah kembali ke organ jantung. Hasil dari sebuah riset di negara Malaysia menyimpulkan bahwa beberapa para lanjut usia yang diobati menggunakan daun pegagan menunjukkan hasil positif dimana mampu mengurangi rasa sakit dan edema yang berkurang serta kaki tidak lagi terasa berat.

Khasiat tersebut diklaim berkaitan dengan beberapa kandungan zat kimia triterpene pada tanaman pegagan. Senyawa tersebut menstimulasi produksi cardiac glycoside yang mampu meningkatkan kineja jantung dalam memompa darah dan frekuensi kontraksinya.

4. Menyamarkan Guratan Pada Kulit 

Khasiat daun pegagan berguna dalam menyamarkan penampakan guratan atau strechmark di permukaan kulit. Beberapa kandungan seperti terpenoid dalam tanaman pegagan diduga mampu meningkatkan produksi kolagen atau protein dalam tubuh.

Dampaknya daun pegagan bisa mencegah alias mengurangi timbulnya guratan atau stretchmark baru, sekaligus memperbaiki jaringan kulit dengan menyamarkan bekas strechmark. 

5. Menjadi Obat Luka

Ekstrak dari daun pegagan memiliki efek positif dalam mempercepat penyembuhan luka, serta untuk beberapa kasus misalnya, luka akibat beda tajam dan luka sobek tak beraturan akibat benturan.

Selain itu tanaman satu ini juga mempunyai kemampuan antibakteri dan antiradang yang bisa berguna untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka kulit. Kamu juga bisa menggunakan tanaman pegagan untuk mengobati masalah jerawat yang meradang.

5. Mengurangi Nyeri Pada Area Persendian

Sifat antiradang dari tanaman pegagan diduga mampu membantu dalam mengatasi artritis. Hasil sebuah studi penggunaan terhadap hwan tikus di laboratorium menemukan bukti bahwa dengan memberikan ekstrak tanaman pegagan bisa mengurangi dampak dari radang sendi maupun erosi tulang rawan dan pengeroposan. 

Beberapa kandungan lainya seperti antioksidan dalam daun pegagan juga memberi dampak positif terhadap imunitas tubuh, sehingga dapat mengurangi efek inflamasi.

6. Membantu Dalam Detoks Tubuh

Khasiat daun pegagan dipercaya bisa meredakan efek samping dari penggunaan obat antibiotik. Sebuah pengujian terhadap hewan yang diberikan 100 miligram daun pegagan sekitar 30 hari akhirnya mereka diberikan isoniazid, dan hasilnya, efek samping dari antibiotik isonizaid dapat kurangi.

Namun perlu digaris bawahin, belum ada pengujian terhadao manusia secara pasti yang dapat membuktikan dari manfaat pegagan yang satu ini. Untuk itu baikya jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. 

8. Mencegah Penyakit Alzheimer

Khasiat daun pegagan berikutnya ialah mampu meredakan gejala penyakit Alzheimer. Ekstrak daun pegagan terbukti dapat menjaga jaringan sel otak dari zat kimia yang bisa menyebabkan munculnya plak atau kerak. 

Namun belum ada penelitian lanjutan terhadap khasiat daun pegagan terhadap penyakit alzheimer, hal ini didasari dengan adanya beberapa kandugan di dalamnya.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun pegagan untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

Boleh saja mengkonsumsi sayuran karena sayuran juga sangat bermanfaat untuk kesehatan, akan tetapi perlu kamu ingat bahwa jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsinya ya.