Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sederhana Untuk Atasi Masalah Panas Dalam

Cara Sederhana Untuk Aatasi Masalah Panas Dalam
Panas dalam sebenarnya bukanlah jenis penyakit yang memerlukan tindakan medis berupa pemberian obat-obatan. Panas dalam umunya dapat diatasi hanya menggunakan cara yang lebih alami.

Umunya gejala panas dalam yang sering menyerang seseorang ditandai dengan sakit tenggorokan, bibir kering, sariawan, lemas, hingga sembelit atau susah buang air besar. Ada pun beberapa cara untuk mengatasi panas dalam yang bisa kamu lakukan, maka dari itu simak dari beberapanya di bawah ini.

Panas dalam di dunia medis lebih tepat diartikan sebagai beberapa gejala yang sering terjadi di area mulut, tenggorokan, dan sistem pencernaan.

Istilah panas dalam sendiri berasal dari ilmu pengobatan tradisional asal Tiongkok. Para ahli pengobatan Tiongkok percaya kalau suhu tubuh sejatinya selalu normal atau seimbang lanyaknya seperti Yin dan Yang.

Karena itu jika kamu panas dalam dibutuhkan minuman penyegar yang bisa mengembalikan suhu tubuh supaya seimbang lagi atau kembali menjadi normal.

Sedangkan dalam dunia ilmu kedokteran modern, gejala-gejala dari panas dalam umunya disebabkan oleh masalah kondisi kesehatan tertentu. Dicirikan bibir kering, lemas yang dapat diakibatkan oleh dehidrasi.

Sedangkan sembelit yang terjadi bisa terjadi karena kamu kekurangan asupan makanan berserat, vitamin, dan mineral. Sakit tenggorokan dan sariawan yang timbul juga tidak disebabkan oleh panas di dalam tubuh, melainkan karena adanya infeksi akibat luka atau penyakit lama.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan panas dalam yang sedang terjadi.

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan campuran garam makan bisa membantu kamu dalam meredakan rasa sakit tenggorokan dan sariawan. Caranya siapkan segelas air putih hangat satu sendok teh garam.

Untuk mengatasi sakit tenggorokan berkumurlah sambil mendongak keatas. Sedangkan untuk mengobati sariawan kamu bisa lakukan dengan berkumur ke bagian yang sakit.

Lakukan kegiatan tersebut secara berulang selama beberapa jam sekali agar masalah cepat terselesaikan, berkumur dengan air garam juga efektif dalam mengurangi sakit gigi juga loh.

2. Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral yang dapat berguna untuk melancarkan saluran pencernaan. Selain itu buah dan sayur juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Carilah buah dan sayur yang memiliki warnanya terang dan pekat untuk mendapatkan nutrisi yang terbaik. Sebagai contoh sayur bayam, kangkung, wortel, terong, dan brokoli. Jika buah pilihlah stroberi, pepaya, apel, dan anggur untuk mengobati panas dalam. .

3. Menggunakan ampas teh celup

Atasi sariawan dengan menggunakan ampas teh celup. Caranya dengan mengompres bagian yang sakit atau luka dengan kantong teh celup yang sudah kamu rendam atau seduh. Daun teh berkhasiat dalam melawan peradangan sekaligus mampu meredakan nyeri.

Lakukan pengompresan selama 15 hingga 20 menit dan lakukan secara rutin setiap harinya 3 kali.

4. Pebanyak minum air biasa

Gejala panas dalam seperti sakit tenggorokan dan bibir pecah-pecah bisa di sebabkan oleh tubuh yang dehidrasi. Untuk itu kamu harus menggantikan cairan yang hilang, usahakan untuk minum air paling tidak sepuluh gelas dalam seharinya agar cairan tubuh kamu cepat kembali.

5. Gunakan madu

Dari hasil beberapa penelitian, madu terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah tenggorokan. Jadi, jika tenggorokan kamu mulai terasa sakit atau kering, segera mengkonsumsi madu murni. Kamu bisa mencampurnya dengan beberapa minuman lainya seperti teh, air hangat, atau diminum begitu saja.

Madu juga efektif dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, caranya cukup oleskan madu pada bibir knda untuk menjaga kelembapanya.

6. Kompres menggunakan dingin

Masalah sariawan yang sering  muncul di area mulut akan nyeri dan kebanyakan hal tersbut menggangu. Karena itu kamu bisa lakukan pengompresan pada bagian yang nyeri akibat sariawan menggunakan es batu yang sudah dibungkus menggunakan kain lembut yang steril. 

Kamu juga bisa mencelupkan kain bersih tersebut ke air dingin lalu menggunakanya sebagai kompres.

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi panas dalam secara alami, tentunya cara-cara tersebut sangat murah dan simpel.

Gunakan beberapa cara di atas sebagai pengobatan alternatif.